NEV.ID – Jerawat yang suka tiba-tiba muncul di dagu memang sering mengganggu penampilan kita dan membuatnya tidak percaya diri. Anehnya, sudah berbagai macam cara untuk mencegahnya dan melakukan perawatan dengan skincare, terap saja jerawat di dagu kerap balik lagi.

Apa sih yang jadi menyebabkan jerawat di dagu ini sehingga sering muncul dan balik lagi? Yuk, kita cari tahu jawabannya.

Penyebab jerawat di dagu adalah kesalahan pada pola makan atau kondisi keadaan mental kita yang sedang tertekan. Perubahan hormon di dalam tubuh juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat, entah itu di dagu maupun di bagian wajah yang lainnya.

Dilansir dari Beautynesia Kamis 16/01/2020, Berikut penyebab jerawat yang suka muncul di dagu secara tiba-tiba.

1Pemilihan skincare dan makeup yang salah

Sumber Istimewa

Jika anda sedang mencoba skincare atau makeup terbaru anda, sebaiknya anda tidak mencampurkannya dengan produk baru yang lainnya. Hal ini, bertujuan  untuk melihat apakah produk baru yang anda pakai tersebut benar-benar aman untuk wajah anda atau tidak.

Jika saat anda menggunakan produk skincare dan makeup muncul jerawat di dagu, sebaiknya hentikan pemakaian dan cari produk skincare yang cocok untuk anda gunakan. Jangan memaksakan untuk memakainya, walaupun produk tersebut sedang tren jikalau memang produk tersebut tidak cocok untuk anda gunakan apa boleh buat. Karena tidak ada jaminan, sekali pun produk tersebut mahal tidak kemungkinan cocok untuk semua jenis kulit wajah anda.

Pintarlah ketika memilih produk skincare dan makeup yang akan anda gunakan sehari-hari. Pastikan produk tersebut tidak mengandung zat yang berbahaya, karena dapat membuat kulit wajah anda alergi dan berjerawat.

2Perubahan pada hormon

Sumber Istimewa

Perubahan hormon di dalam tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat terutama pada dagu, kemungkinan di sebabkan oleh pola makan dan tubuh yang sedang mengalami stres. Perubahan hormon juga dapat terjadi ketika seorang wanita sedang berada dalam masa menjelang menstruasi.

Hormon dalam tubuh biasanya sedang tak seimbang menjelang menstruasi. Ada hormon yang diproduksi sangat tinggi, ada juga hormon yang sangat rendah. Hal inilah penyebab munculnya jerawat di dagu. Jadi, jika ada jerawat di dagu cobalah lihat apakah waktu munculnya berdekatan dengan waktu siklus bulananmu.

3Stres dan banyak tekanan

Sumber Istimewa

Kondisi fisik dan psikis yang sedang dalam tekanan pekerjaan bisa jadi menyebabkan munculnya jerawat di sekitar dagu. Fisik dan psikis yang kelelahan, serta kondisi yang sedang berada dalam tekanan yang tak kunjung mereda, menyebabkan tubuh melemah dan perubahan hormon di dalam tubuh terjadi.

Hal ini bisa juga disebabkan dengan kondisi pola makan dan pola tidur yang tak seimbang. Makan tidak teratur, tidur larut malam dan pikiran yang di pergunakan terus-menerus untuk bekerja menyebabkan tubuh anda stres dan perubahan pada hormon. Hal ini dapat menimbulkan jerawat di dagu.

4Kesalahan pada pola makan

Sumber Istimewa

Apakah anda termasuk seorang wanita yang sering mengonsumsi junk food serta makanan instan dan cepat saji? Jika benar, kemungkinan hal ini menjadi penyebab utama munculnya jerawat di wajah anda.

Minyak di dalam makanan yang digoreng tersebut dapat membuat tubuh memiliki banyak asupan minyak. Hal ini dapat berepengaruh pada kesehatan dan produksi minyak dalam tubuh anda.

Semakin sering anda makan makanan yang berminyak, cepat saji dan junk food maka produksi minyak di wajah anda akan semakin banyak. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan di pori-pori wajah ana dan menimbulkan jerawat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here