NEV.ID – Nyeri yang di akibatkan pada saat menstruasi, sampai darah yang keluar terlalu banyak dapat mengganggu segala aktivitas. Di masa inilah menjadi salah satu masa tak mengenakkan untuk menjalani hari-hari, memang ada sih obat pereda nyeri menstruasi. Namun sebenarnya anda juga bisa mengatasinya dengan cara memperhatikan makanan yang anda konsumsi.

Karena ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari ketika anda sedang menstruasi.

Dikutip dari laman Tabloidbintang.com Rabu 22/01/2020, yuk mari kita simak ulasan sebagi berikut :

Makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat berpengaruh terhadap kondisi hormon anda, sehingga menyebabkan suasana hati yang tidak enak, kram di perut, dapat membuat perut kita bergas. Berikut makanan yang menganudng lemak tinggi di antaranya adalah burger, daging, dan makanan yang berbasis krim. Hal ini dapat memperburuk nyeri pada menstruasi dan dapat menyebabkan peradangan pada kulit sehingga terjadi munculnya jerawat. Hindari lemak yang ada pada produk olahan seperti mentega, yoghurt, susu dan keju.

Minuman bersoda

Studi yang di lakukan oleh Karin Michels professor dari Sekolah Kedokteran Harvard, AS, mengatakan bahwa remaja putri yang sering mengonsumsi minuman bersoda berpotensi mengalami menstruasi lebih dini. Karena minuman yang mengandung soda terdapat kadar gula tinggi, yang dapat mengakibatkan meningkatnya kadar insulin. Minuman yang bersoda mengandung gas yang menyebabkan perut kembung dan memicu nyeri pada saat menstruasi.

Kopi

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat memicu meningkatnya tekanan darah, detak jantung, dan menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsi kopi, terutama pada malam hari akan mengganggu pola tidur anda. Kurang tidur yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati serta kecemasan sehingga memperburuk masa menstruasi anda.

Makanan yang mengandung tinggi garam

Sodium mampu mengikat air di dalam tubuh dan kelebihan air di dalam tubuh dapat menyebabkan peregangan beberapa organ, termasuk organ reproduksi wanita. Alangkah baiknya anda mengurangi asupan garam yang merupakan sumber sodium. Sumber garam tertinggi dari makanan biasanya berasal dari makanan beku, makanan cepat saji, makanan kaleng, keripik kentang, dan daging olahan seperti kornet, sosis, bakso, dan nugget.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here