NEV.ID – Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Namun anda harus berhati-hati, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena ada beberapa makanan dan minuman yang jika dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh kita misalnya seperti makanan cepat saji dan junk food.

Dilansir dari Beautynesia Kamis 16/01/2020, berikut beberapa menu makanan yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

1Makanan yang mengandung garam

Makanan yang mengandung garam seperti keripik memang menjadi teman asyik untuk ngemil. Namun anda perlu hati-hati untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumi makanan yang mengandung garam ini. Karena Makanan yang mengandung banyak garam dapat membuat tekanan darah naik dan juga memicu timbulnya penyakit jantung.

2Donat

Siapa sangka makanan manis yang menjadi favorit banyak orang ini termasuk ke dalam makanan yang tidak baik jika di konsumsi secara berlebihan. Di dalam satu buah donat yang terbuat dari kentang atau tepung terigu terdapat sekitar 16-40 gram karbohidrat. Apabila anda mengonsumsi donat sebagai camilan, artinya anda mengonsumsi kalori secara berlebihan.

Hal ini tentu saja dapat membuat berat badan anda naik. Belum lagi donat yang ditambah aneka topping yang manis sehingga dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh anda dengan cepat. Hati-hati dengan resiko terkena penyakit diabetes yang semakin meningkat jika anda mengonsumsi donat secara berlebihan. Nah, mulai detik ini ganti camilan anda dengan yang sehat yaa.

3Kedelai

Kedelai merupakan makanan yang termasuk dalam makanan yang sehat, namun kedelai juga termasuk ke dalam makanan dan minuman yang tidak boleh di konsumsi secara berlebihan. Karena kedelai dapat meningkatkan kadar estrogen. Kadar estrogen yang tinggi dapat berkontribusi terhadap peningkatan resiko kanker payudara. Lebih baik konsumsilah produk kedelai secukupnya dan jangan berlebihan yaa nevelers.

4Kopi

Bagi kalian wanita penyuka kopi, alangkah baiknya anda jangan terlalu sering meminum nya. Karena kopi merupakan salah satu minuman yang tidak boleh di konsumsi berlebihan, karena di dalam biji kopi mengandung kafein.

Meskipun memiliki manfaat yang baik karena dapat membuat otak lebih waspada, lebih enerjik dan membuat otak lebih aktif dari biasanya, namun kafein juga akan membuat ketagihan dan ketergantungan bagi siapa saja yang keseringan meminumnya sehingga dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

5Daging merah

Banyak sekali orang-orang sangat suka mengonsumsi daging, terutama daging merah. Selain karena rasanya yang lezat, ternyata daging merah juga mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh kita seperti protein, vitamin B kompleks dan jenis-jenis mineral lainnya.

Namun daging merah termasuk ke dalam makanan  tidak boleh di konsumsi secara berlebihan karena dapat memicu timbulnya penyakit seperti kanker, gagal ginjal dan jantung. Konsumsi daging sewajarnya saja yaa.

6Junk food

Junk food merupakan makanan siap saji yang di sukai oleh banyak khalangan. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi junk food pun tidak baik. Hal ini di karenakan makanan dan minuman junk food ini mengandung sejumlah lemak yang besar, rendah serat, banyak mengandung garam, gula, zat aditif dan kalori yang tinggi.

Junk food juga memiliki nutrisi yang rendah, vitamin rendah dan mineral yang rendah. Sehingga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti obesitas, jantung dan kanker. Kurangi konsumsi junk food, jangan terlalu sering dan berlebihan karena untuk menjaga kesehatanmu juga lho.

7Minuman manis

Minuman yang tidak boleh di konsumsi berlebihan adalah minuman manis seperti soda dan sirup. Minuman manis yang mengandung pemanis buatan atau gula, jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak dan setiap saat dapat menyebabkan diabetes. Saat gula darah tinggi, resiko penyakit ginjal, jantung dan penyakit syaraf lainnya semakin besar.

Selain itu, asupan fruktosa yang tinggi bisa menyebabkan resistensi insulin di otak serta pengurangan fungsi pada otak, memori, pembelajaran dan pembentukan neuron otak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman manis secara berlebihan dan sebagai alternatif nya, anda bisa mengkonsumsi pemanis alami berbahan dasar alami seperti madu.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here