NEV.ID – Negara kita yang tercinta ini kaya akan tradisi dan budaya termasuk makanan khas Maluku Utara yang enak harus dicoba.

Berikut beberapa makanan paling enak khas maluku utara:

1Halua kenari

Foto Istimewa

Halua kenari terbuat dari kacang kenari dan gula merah, warna nya yang coklat dan bentuknya yang tidak beraturan, makanan ini memiliki kadar protein yang tinggi rendah lemak, sehingga aman dikonsumsi.

2Bagea kenari

Foto Istimewa

Bagea kenari merupakan kue sagu tradisional maluku utara dari dulu, makanan yang bahan utamanya dari tepung sagu ini sering di nikmati dengan secangkir kopi dan teh.

3Sambal colo-colo

Foto Istimewa

Sambal colo-colo merupakan makanan khas ternate, maluku utara, sambal ini memiliki cita rasa yang asin, pedas, dan asam yang menyegarkan.

Air sambalnya yang segar berasal dari perasan jeruk nipis dan potongan tomat, kemudian tambahkan cabe rawit dan bawang merah.

4Kohu-kohu

Foto Istimewa

Jika diliihat sekilas, makanan ini sangat mirip dengan sayur urap namun kohu-kohu merupakan makanan yang memiliki cita rasa pedas, asin dan gurih, kohu-kohu dibuat dari kacang panjang, daun kemangi, dan toge yang dicampur dengan bumbu khusus khas Maluku.

5Ikan Kuah Pala Banda

Foto Istimewa

Pada zaman dahulu makanan ini menjadi hidangan istimewa untuk para pejabat Belanda, ikan kuah pal abanda diolah menggunakan ikan kerapu atau ikan kakap, rasa asam dan pedasnya berasal dari rempah-rempah khusus, dan diberi santan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here