NEV.ID – Buah nanas atau dikenal dengan nama latin Ananas comosus adalah buah yang sangat mudah di budidayakan di indonesia. Buah nanas yang kaya akan serat, kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan dilengkapi dengan vitamin A,B, dan C ini dapat di konsumsi secara langsung dan dapat di olah sebagai es buah, selai roti, atau bisa juga dijadikan sebagai bahan tambahan masakan lainnya.

Nutrisi yang ada pada nanas sangat di butuhkan untuk melawan perdangan, memperkuat sistem imun, dan menjaga kestabilan pada tekanan darah. Tidak hanya itu saja, buah nanas pun di duga kuat dapat memberikan manfaat yang dapat mencegah berkembangnya penyakit kanker.

Apa saja khasiat dari buah nanas untuk penyakit kanker, dilansir dari laman Hellosehat Rabu 22/01/2020 berikut beberapa khasiatnya.

Melemahkan sel kanker

MUC1 adalah protein yang melindungi permukaan sel dari patogen (bibit penyakit) mencapai ke sel. Jika MUC1 ini jumlahnya sangat banyak, kondisi ini sering dikaitkan dengan kanker usus besar, payudara, ovarium, paru-paru, dan pankreas. Manfaat bromelain pada buah nanas untuk kanker lainnya yaitu dapat mengganggu kelangsungan hidup sel kanker dengan melemahkan MUC1.

Bromelain yang berpotensi melemahkan MUC1 yang berlebihan, sehingga dapat mencegah sel kanker berkembang menjadi tumor dan bermetastasis.

Menghambat tumbuhnya sel kanker

Manfaat dari bromelain pada buah nanas yang ditemukan oleh studi, yaitu dapat menghambat proliferasi sel kanker. Proliferasi adalah fase sel yang mengalami pengulangan siklus sehingga mencegah memperbanyak tumbuh nya sel kanker.

Sel kanker tidak bekerja seperti sel lain pada umumnya. Sel ini dapat membelah diri tanpa kendali dan tidak mati, tidak berkembang menjadi sel dewasa, dan menghindari sel kekebalan tubuh.

Dapat memicu sel untuk mati

Setiap sel mempunyai program mekanisme yang dapat membelah diri menjadi dewasa dan memiliki fungsi tertentu, rusak atau mati sehingga tidak diperlukan untuk tubuh. Sel yang mati ini akan digantikan oleh sel baru yang sehat. Namun, sel kanker ini ialah sel yang tidak mau mati dan tidak terkendali perkembangan nya.

Secara tak langsung kandungan bromelain pada buah nanas memberikan manfaat untuk mencegah perkembangan sel kanker di tubuh kita. Sebuah studi telah meneliti potensi nanas pada sel kanker, penelitian ini pun masih di lakukan oleh hewan sehingga belum pasti dapat menimbulkan efek yang sama pada manusia.

Oleh karena itu penelitian ini dapat di lakukan bagi para ilmuwan tentang adanya potensi bromelian yang terdapat buah nanas yang berguna sebagai pengobatan kanker di waktu mendatang.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here