NEV.ID – Seringkah anda main hp ditempat gelap atau ketika keadaan kamar sudah gelap karna lampu nya sudah dimatikan anda suka memandangi layar hp anda dengan waktu yang cukup lama?

Mulai saat ini hindari hal itu karena dapat berakibat fatal.

Dibalik suatu kebiasaan yang buruk itu, ternyata masih saja sebagaian orang tak menyadarinya, karena memainkan hp di ruangan yang gelap dapat berakibat buruk bagi kesehatan anda.

Berikut dampak buruk yang terjadi ketika anda bermain hp ditempat gelap Jumat 31/01/2020/.

Dapat Mengakibatkan Kanker Payudara

Hasil penelitian yang telah ditemukan dalam European Journal of Cancer Prevention bahwa 17 persen wanita rentan terkena resiko kanker payudara yang disebabkan oleh paparan sinar biru hp yang meningkatkan melatonin atau hormon yang berfungsi menidurkan sel-sel kanker dan meningkatkan produksi hormon estrogen yang dapat memicu terjadinya kanker payudara.

Dapat Merusak Retina Mata

Dampak buruk yang satu ini sebenarnya sudah banyak yang mengetahuinya namun sebagian besar orang hanya saja mengabaikannya.

Layar hp dapat memancarkan sinar blue light yang tergolong sebagai high energy light (HEV) sinar ini tampak dengan panjang gelombang yang relative pendek 415 sd 155 nanometer dan tingkat energi yang tinggi.

Paparan sinar biru ini dapat menembus bagian luar mata hingga bagian dalam mata yang dapat memberikan dampak buruk bagi retina mata anda.

Dapat Meningkatkan Resiko DepresiĀ 

Sebagai efek kelanjutan dari paparan sinar biru yaitu kita akan dibuat menjadi tidak ngantuk, serta seseorang yang memainkan hp ditempat yang gelap dapat beresiko tinggi mengidap depresi.

Hal ini karena hormon melatonin yang terganggu akan mengacaukan jam tidur anda, sehingga dapat mepengaruhi bagian otak yang bertugas untuk mengatur emosi dan tingkat kecemasan seseorang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here