NEV.id – Batuk yang mungkin tidak di sadari banyak orang adalah Gerd ( Gastroesophageal Reflux Disease ).

Dilansir dari 1health.id, mempunyai info tentang berbagai kesehatan.

Gerd adalah suatu kondisi dimana asam lambung membalik naik ke kerongkongan dengan melewati klep antara kerongkongan dan lambung mengiritasi serta merangsang flek batuk. jadi dengan kata lain untuk Gerd adalah asam lambung yang naik ke kerongkongan.

“Lalu, apakah batuk yang tidak sembuh-sembuh juga merupakan gejala batuk Gerd? dr. Candra Wiguna, Sp.PD dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, menjelaskan bahwa batuk yang berlangsung lama bisa saja disebabkan oleh Gerd. Namun, hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terlebih dahulu untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab lainnya, terutama infeksi dan alergi.” dikutip dari 1Health.id

ketika batuk anda 3 minggu tak kunjung sembuh setelah di obati dengan obat batuk biasa, maka di sarankan untuk anda melakukan pemeriksaan yakni rontgen dada. jika setelah anda rontgen tetapi tidak ditemukan adanya infeksi tapi batuk masih terus berlanjut, maka batuk anda di sebabkan karena Gerd.

pemeriksaan yang dilakukan pun berbeda dengan sebelumnya. dimana diperlukan pemeriksaan lebih lanjut yaitu endoskopi atau prosedur medis yang dilaukan.

berbagai hal yang memicu terjadinya gerd seperti : seperti merokok, dan konsumsi alkohol berlebihan, unsur kafein pada teh dan kopi.

juga terlalu sering mengonsumsi makanan asam dan pedas, postur tubuh yang gemuk, stres berlebih, hingga menjalankan pola makan tidak teratur.

Gerd sangat bahaya jika tidak di tangani dengan baik, dan bisa memicu penyakit lain, salah satunya adalah Barrett’s Esophagus yang terjadi karena asam lambung dan kerongkongan sering terpapar sehingga menyebabkan perubahan sel-sel di dalam kerongkongan.

sekitar 5% hingga 10% kondisi Barrett’s Esophagus bisa meningkatkan kangker esofagus. jadi untuk teman-teman berhati-hatilah dengan penyakit batuk Gerd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here