NEV.ID – Kubis atau yang biasa kita sebut dengan kol merupakan anggota keluarga tumbuhan Brassica. Selain kubis ada juga brokoli, kale, dabn kembang kol. Kubis mempunyai warna dan bentuk yang beragam, ada hijau, merah, ungu dan putih. Bagi anda penyuka lalapan, kubis ini tidak pernah absen untuk menemani mentimun, daun kemangi dan daun selada.

Kubis dapat bermanfaat untuk tubuh agar semakin sehat jika anda mengkonsumsinya. Kubis juga banyak sekali menyimpan manfaat bagi kesehatan tubuh kita diantaranya vit C, vit E, vit K, sulfur, beta karoten, potasium, magnesium, dan kalsium.

Kubis juga mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan buah jeruk, berikut beragam manfaat kubis untuk kesehatan tubuh kita di antaranya sebagi berikut.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Kubis mengandung banyak serat dan rendah kalori. Sayuran ini sangat berkhasiat untuk membantu anda menurunkan berat badan, kubis juga bisa membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Karena banyaknya serat dan rendahnya kalori dalam kubis, sayuran ini sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, vitamin dan mineral dalam kubis juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Serat dalam kubis juga mencegah konstipasi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Kubis memiliki banyak komponen-komponen baik di antaranya kandungan sulforaphane yang terdapat di dalam nya. Komponen sulforaphane berkontribusi rasa pahit pada sayuran sehingga kandungan ini mampu melawan sel kanker.

Sebuah riset telah di lakukan bahwa, kubis salah satu jenis sayuran hasil dari persilangan yang dapat menurunkan resiko kanker dan menurunkan ukuran tumor sat sel berkembang agresif menjadi kanker payudara.

Asupan Baik Untuk Otak

Kubis memiliki kandungan vitamin K yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak dan kerusakan pada saraf, serta pembekuan darah dan produksi protein tertentu dalam tubuh. kubis merah yang juga kaya akan antioksidan dapat membantu menurunkan resiko kanker dan menjaga kesehatan pada sistem saraf atau otak.

Tekanan Darah 

Kandungan potasium pada kubis dapat membantu melonggarkan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah. Secara tidak langsung dapat mengontrol tekanan darah yang dapat menurunkan resiko stroke dan serangan jantung.

Kesehatan Pada Mata

Kandungan lutein pada kubis serta komponen antioksidan, memproteksi retina dan lensa mata dari sinar ultraviolet. Beta karoten yang ada didalam kubis bertugas sebagai menjaga kesehatan mata serta dapat mencegah mata katarak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here