NEV.ID – Adanya 2 WNI yang dikonfirmasi positif Covid-19 memang meimbulkan kepanikkan pada masyarakat Indonesia. Hal ini yang membuat banyak orang tergesa untuk mengunjungi rumah sakit rujukan agar diperiksa terkait virus corona.

Berikut beberapa ciri-ciri orang yang harus melakukan pemeriksaan virus corona:

Pertama ialah orang yang memiliki gejala demam disertai batuk dan dengan riwayat kembali dari daerah terjangkit China.
Kedua ialah orang yang memiliki gejala demam disertai batuk dan dengan riwayat kembali dari daerah terjangkit seperti Korea Selatan, Italia, Iran, Jepang, Singapura.
Ketiga ialah orang yang memiliki gejala demam disertai batuk dan berkontakan langsung dengan pasien yang sudah positif Covid-19.

Selain demam dan batuk, gejala sesak napas dan kesulitan bernapas yang muncul setelah paparan pada virus, orang yang memenuhi kriteria itu harus mengunjungi  pelayanan kesehatan, pasien tersebut akan mengikuti serangkaian pemeriksaan dan tes laboratorium untuk mengetahui apakah pasien itu terkena virus corona atau tidak.

Jika anda terkena demam,batuk dan pilek tetapi tidak mempunyai riwayat pergi ke daerah yang terjangkit dan tidak berkontak langsung dengan pasien yyang terkena virus corona. Maka tidak perlu screening corona, itu hanya infeksi saluran pernapasan biasa saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here