NEV.id – Rokok memang sudah terbukti bahwa berbahaya untuk kesehatan dan Paru-Paru. Namun, tidak sedikit juga orang yang menyatakan bahwa banyak cara untuk membersihkan Paru-Paru untuk seorang perokok. Contoh salah satunya adalah Meminum Soda Susu.

Pasti dari kalian yang merokok pernah meminum Soda Susu untuk berniat membersihkan Paru-paru dari sisa-sisa racun rokok yang sudah dihisap. Namun, hal itu dibantah oleh dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto. Bahkan dianggap hanya mitos belaka.

“Sebenarnya itu mitos saja. Pada dasarnya mau minum soda, mau minum apa pun, kalau sudah punya sakit atau racun yang masuk ke dalam paru itu tidak bisa dibersihkan,” kata Agus.

Ketua Perhimpunan Dokter Paru itu menyatakan bahwa hal yang terpenting untuk membersihkan Paru-paru adalah berhenti merokok. “Dengan berhenti, zat-zat yang masuk juga berhenti. Tapi, sisa-sisa zat yang sudah masuk butuh waktu untuk dihilangkan.”

Agus juga menambahkan tidak ada bahan-bahan, ramuan, makanan atau minuman, yang dapat membersihkan paru-paru perokok, termasuk Susu Soda tersebut. Organ tersebut bisa pulih dengan sendirinya, hanya saja butuh waktu untuk melepaskan sisa-sisa zatnya.

“Beberapa minggu, beberapa tahun, itu baru bisa” Ujarnya. Kondisi ini juga tergantung dari si perokok tersebut. Agus mengatakan, apabila perokok belum mengalami sakit, kandungan racun seperti karbondioksida bisa rilis dalam waktu 48 jam. Sementara untuk nikotin bisa bertahan hingga seminggu.

“Dengan berhenti saja secara teori. Terus kalau kita faktor risikonya polusi udara, ya hindari polusi udara. Jadi sejauh ini tidak ada,” kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Jakarta ini.

Jadi dari kalian yang percaya kalau Susu Soda mampu membersihkan paru-paru perokok, itu adalah Mitos. Ternyata, organ tersebut bisa pulih dengan sendirinya. Caranya untuk membersihkan paru-paru kalian adalah Berhenti Merokok.

Dan bagi kalian yang belum pernah merokok sama sekali, lebih baik jauhkan dirinya dari zona merokok ya. Karena, walapun Kamu merokok tapi kamu sering berada di lingkungan yang banyak asap rokok, itu sama saja bahayanya loh.

Baca Juga :

5 Penyakit Yang Menular Melalui Ciuman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here