NEV.id – Setiap orang ingin mempunyai umur yang panjang, yaa meskipun umur memang tidak ada tau. tapi dengan cara hidup sehat kita bisa membuat tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit

kalau kamu mau hidup lebih panjang lagi, kamu bisa ikuti beberapa langkah ini lho gengs..

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Circulation, menyatakan bahwa hanya dengan berpegang kepada lima kebiasaan sehat, dapat memperpanjang umur Anda hingga satu delade

Mengonsumsi makanan sehat

Pola makan sangat berkaitan dengan umur panjang. Peneliti telah lama menyatakan bahwa diet Mediterania—yang melibatkan buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan dan lemak sehat, serta mengurangi konsumsi gula, daging merah dan makanan berproses—membawa banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu hidup lebih lama.

Studi lain juga menyatakan bahwa umur panjang berkaitan dengan makanan dan nutrisi tertentu yang ada dalam diet Mediterania, seperti gandum, serat, ikan, protein nabati dan lemak sehat.

Hasil studi yang dipublikasikan pada 2017 menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat 20% lebih banyak dari yang mereka lakukan di awal penelitian, risiko kematiannya menurun hingga 17%.

 

Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur baik bagi kesehatan fisik dan mental kita—meningkatkan kesehatan jantung hingga memperbaiki mood. Jadi, tidak heran jika olahraga berperan dalam menambah umur Anda.

Pedoman aktivitas fisik merekomendasikan untuk berolahraga setidaknya 150 menit gerakan sedang atau 75 menit setiap minggu untuk olahraga berat. Namun, Anda jangan sampai memaksakan diri. Menurut dua studi pada 2017 dan 2018, aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki dan membersihkan rumah, ternyata mampu meningkatkan rentang hidup pria dan wanita lanjut usia.

 

Kurangi alkohol

Selama bertahun-tahun, minum alkohol disebut-sebut sebagai kebiasaan yang tidak berbahaya. Namun, pendapat ilmiah mulai bergeser dan menyatakan kita harus lebih hati-hati terhadap alkohol.

Pada 2018, sebuah studi meta-analisis tentang alkohol, menyimpulkan bahwa tidak ada jumlah yang aman bagi kebiasaan minum-minum. Alkohol meningkatkan risiko kecanduan, kanker, kecelakaan lalu lintas dan sebagainya. Ini membuat para peneliti mendukung gagasan bahwa setiap orang harus membatasi konsumsi alkohol untuk menghindari masalah kesehatan dan meningkatkan umur panjang.

 

Tidak merokok

Selain menyebabkan kanker paru-paru, merokok dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius termasuk serangan jantung, stroke, kanker mulut dan tenggorokan—menjadikannya ancaman yang signifikan bagi umur panjang.

Cara terbaik untuk mengurangi risikonya, tentu saja dengan tidak pernah merokok sama sekali. Namun, jika Anda melakukannya, para ahli menyarankan untuk berhenti sesegera mungkin agar meminimalkan ancaman terhadap kesehatan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here