NEV.ID – Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh, selain itu telur juga kaya akan kandungan gizi yang sangat di perlukan oleh tubuh. Telur memiliki kandungan 6gr protein lebih, 90% kalsium dan zat besi. Sedangkan kuning telur mengandung 9 asam amino esensial.

Tetapi sebagian besar orang alergi terhadap telur, tentu saja anda akan kehilangan protein baik untuk tubuh jika anda tidak mengkonsumsi telur.

Eitsss tenang sobat nevelers, anda bisa mencoba beberapa makanan pengganti telur yang mengandung banyak protein baik. Berikut pilihan menu makanan berprotein sebagai pengganti telur untuk anda yang alergi telur.

Daging hewan

Makanan pertama yang mengandung protein tinggi sebagai pengganti telur adalah daging sapi, ayam, domba dan daging unggas lainnya. Daging hewan memiliki kandungan zat besi baik untuk tubuh untuk melancarkan peredaran oksigen di dalm tubuh.

Tetapi anda jangan terlalu memakannya dengan berlebihan, karena lemak pada daging dapat membuat tumpuka plak pada dinding ateri yang dapat beresiko pada jantung.

Produk olahan yang mengandung susu

Produk oalahan makanan atau minuman yang mengandung susu adalah salah satu makanan pengganti terbaik, seperti keju, yogurt dan makanan lainnya yang mengandung susu. Makanan olahan yang terbuat dan mengandung susu mempunyai protein yang banyak dan sumber kalsium yang baik untuk tubuh.

Gandum

Olahan biji gandum sebesar 100 gram memiliki kandungan protein sebesar 12,5 gram. Makanan dengan olahan biji gandum yaitu roti gandum, tepung gandum dan pasta gandum yang memiliki kandungan protein dan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Akan tetapi tidak sama dengan telur, biji gandum memang mengandung protein tapi tak semua kandungan protein ada di dalamnya. Protein yang kurang didalam biji gandum yaitu kandungan asam amino esensial.

Ikan dan Seafood

Selain telur ikan dan seafood pun mempunyai kandungan protein yang sama dengan daging. Sumber protein yang bisa anda dapatkan bukan hanya di ikan saja melainkan hewan laut lainnya seperti udang, kerang, dan tiram.

Mengkonsumsi ikan salmon pun sangat di anjurkan karena ikan salmon mempunyai lemak yang sangat rendah. Protein yang terdapat pada ikan salmon, ikan tuna dan ikan nila berjumlah  21gr per porsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh anda sehari-hari. Sedangkan 4ons udang mempunyai kandungan 24gr protein dan 120 kalori.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here