NEV.ID – Biji selasih ialah sebuah bibit dari tanaman basil yang daunnya kerap di jadikan sebagai bumbu masakan. Sebagian besar mungkin, tidak banyak orang yang rajin atau rutin mengkonsumsi biji selasih ini, karena penggunaannya hanya untuk topping minuman atau campuran makanan penutup saja.

Tahukan anda ternyata biji selasih mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan. Biji selasih mengandung bermacam senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Hellosehat Kamis 23/01/2020 berikut beberapa manfaat dari biji selasih .

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Biji selasih mengandung serat prebiotik yang bisa di sebut juga dengan pektin. Fungsi dari prebiotik yaitu dapat meningkatkan bakteri baik yang ada di dalam usus. Bakteri ini dapat membantu proses pencernaan yang dapat mencegah penyakit di saluran pencernaan yang di akibatkan oleh bakteri jahat.

Merawat kecantikan pada kulit

Kerusakan di kulit yang di sebabkan oleh radikal bebas, imbasnya akan terbentuknya keriput, kemerahan, flek hitam sampai penuaan dini. Konsumsilah buah selasih agar dapat membantu mencegahnya hal ini dengan sekaligus merangsang pembelahan sel kulit baru yang sehat.

Biji selasih yang banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan pada kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit.

Menurunkan kadar kolesterol 

Bijin selasih yang memiliki serat dan antioksidan. Antioksidan yang berperan untuk melindungi pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak, sedangkan asupan serat bermanfaat untuk menjaga kolesterol dalam jumlah yang normal.

Sebuah studi indian journal of experimental biology mengatakan, jika kita konsumsi minyak biji selasih dapat berpotensi untuk menurukan jumlah kolesterol total serta LDL (low density lipoprotein).

LDL sendiri adalah sebuah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan membentuknya plak di pembuluh darah.

Sebagai asupan asam lemak omega 3

Biji selasih adalah bahan pangan yang kaya serat, antioksidan, mineral dan asam lemak omega 3. Yang mempunyai manfaat sangat luas, baik untuk kesehatan tulang, jantung, pencernaan, kecantikan dan peredaran darah.

Asam lemak omega 3 yang biasanya ada pada ikan berlemak. Ternyata biji selasih pun mengandung nutrisi ini dengan jumlah yang banyak. Satu sendok makan biji selasih sudah bisa memberikan anda asupan asam lemak omega 3 dalam bentuk yang asam alfa linolenat (ALA).

Menjaga kesehatan pada tulang

Mineral yang terkandung pada biji selasih sangat banyak di antaranya yaitu kalsium, kalium, zat besi, mangan, tembaga dan magnesium. Semua mineral ini sangat di perlukan untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Hal ini sangat penting karena dapat mengurangi resiko osteoporosis. Tulang yang padat juga akan membuat tubuh kita menjadi tetap kuat seiring dengan bertambahnya usia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here