NEV.id – Apakah Anda pernah mendengar kata Mythomania? Mythomania adalah gangguan psikologis yang membuat pelakunya melakukan kebohongan tanpa henti. Dimana kebohongan yang dilakukan terlihat sangat luar biasa dan fantastis. Selain dikenal dengan mythomania, perilaku tersebut juga sering disebut sebagai pseudologia fantastica/pathological lying.

Seorang Mythomania memiliki sifat kebohongan yang agresif. Disebut sebagai kebohongan agresif karena kebohongan yang dilakukan meliputi menuduh atau membuat pengakuan palsu. Kebohongan yang dilakukan bertujuan untuk menarik perhatian, melancarkan kepentingan mereka, atau menghindari hal yang tidak menyenangka.



Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab seseorang mengalami mythomania. Namun, ada dugaan bahwa orang yang mengalami mythomania memiliki kondisi keluarga yang kacau dan kehilangan sosok Ayah. Selain itu, mereka adalah orang yang rendah diri dan memiliki perasaan rapuh.

Jika Anda ingin memeriksa apakah seseorang menderita gangguan mental mythomania atau tidak, wawancara dan pemeriksaan rekam jejak medis biasanya tidak cukup untuk bisa melihat apakah seseorang pathological liar atau bukan, karena penderita bisa saja berbohong.

Wawancara juga perlu dilakukan kepada pihak keluarga dan teman penderita. Penderita juga akan diperiksa apakah memiliki gangguan kepribadian lainnya. Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah penderita mythomania menyadari kebohongan yang diungkapkannya atau tidak.

Akan tetapi, yang harus Anda ingat adalah jangan pernah mengklaim diri sendiri atau orang lain. Datanglah ke psikolog untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Untuk kasus mythomania, selain pemeriksaan secara kejiwaan juga dilihat bagaimana riwayat penggunaan zat, gangguan mood, dan gangguan kepribadian.

Bagaimana, apakah Anda sudah lebih mengetahui tentang mythomania?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here