NEV.ID – Sebagian besar dari kita tidak ada yang tahu apa itu mental illnes, ialah suatu kumpulan penyakit gangguan kejiwaan yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku seseorang. Seseorang yang menderita penyakit ini akan kesulitan untuk mengetahui perilaku yang di anggap normal atau tidak.

Sama dengan kesehatan pada tubuh kita, gangguan kejiwaan juga dapat mengakibatkan beberapa gejala yang dapat mengancam aktivitas anda sehari-hari bila anda tidak dengan segera menangani nya.



Berikut adalah beberapa penyebab tanda-tanda anda mengalami mental illnes.

1Merasa sedih dan tidak punya harapan hidup

Pasti sebagian dari kita pernah mengalami perasaan sedih, seperti tidak punya harapan. Mengurung diri di sebuah tempat, tidak ingin di ganggu dengan siapa pun, berhati-hatilah karena hal ini sebenarnya kesehatan mental anda sedang terganggu.

2Mood swing atau moody

Suatu perubahan pada perasaan atau suasana hati yang mendadak tanpa adanya alasan yang signifikan. Sangat mudah tersinggung atau marah-marah tidak jelas apa sebabnya.

3Perubahan perilaku ekstrem

Insomnia atau susah tidur, bahkan anda sangat susah untuk bangun pagi. Perubahan ini terjadi karena gangguan kejiwaan anda sedang terganggu.

4Muncul niat ingin mengakhiri hidup

Tanda-tanda ini sepertinya harus anda waspadai! Jika anda mempunyai keinginan atau niat yang ingin mengakhiri hidup anda, bisa jadi anda sedang mengalami gangguan kejiwaan.

5Menggunakan narkoba dan meminum minuman beralkohol

Hati-hati bila anda ingin memulai untuk mengkonsumsi narkoba atau melampiaskan sebuah emosi dengan meminum minuman beralkohol secara berlebihan. Bisa jadi anda melakukan hal itu karena anda sedang mengalami gangguan kejiwaan.

6Memendam amarah

Jika anda suka memendam amarah itu tandanya anda sedang mengalami gangguan kejiwaan. Para ahli di inggris menyebutkan bahwa orang-orang yang tidak bisa meluapkan amarahnya dengan secara sehat, sangat rentan mengalami gejala depresi.

Oleh karena itu anda harus belajar bagaimana cara yang baik untuk meluapkan sebuah emosi dan mengungkapkan perasaan kecewa, marah, dan perasaan yang negatif lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here