NEV.id – Pulau Nusakambangan lebih banyak dikenal sebagai pulau penjara dan pulau kematian yang angker karena tempat eksekusi tahanan hukum mati. Reputasi sebagai pulau kematian ditahbiskan lantaran sejak zaman kolonial, pulau ini telah menjadi pulau bui.

Namun, Pulau Nusakambangan tidak seseram yang dibayangakan. Pulau ini sangat indah, hamparan pantai pasir putih, kawasan hutan lindung dan benteng-benteng peninggalan penjajah akan menyambut para pengunjung.

Bila ingin berkunjung ke Pulau Nusakambangan, tidak perlu khawatir karena kin akses menuju Pulau Nusakambangan tidak terlalu sulit. Dari Pantai Teluk Penyu misalnya, pengunjung dapat menggunakan jasa para nelayan/tukang perahu. Banyak sekali para nelayan yang menawarkan jasa menyebrangkan wisatawan ke Nusakambangan, tarif yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp. 25.000,- per orang pulang-pergi.

Terdapat berbagai pantai yang dapat kalian kujungi di Pulau Nusakambangan, Berikut pantai yang dapat kalian kunjungi.

11. Pantai Permisan

Pantai Permisan, Via Instagram/aii_yuliani

 

Pantai Parmisan ini menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Pulau Nusakambangan. Selain itu menjadi destianasi utama keluarga napi saat menjenguk. Menariknya, pantai di sini memiliki gradasi warna pasir yang cantik, antara putih dan hitam. Belum lagi karang-karang yang membuat sekeliling jadi makin istimewa.

Pantai ini masih sangat asri dan sepi dari wisatawan.Untuk bisa datang, kamu bisa menuju ke Pulau Nusakambangan lewat Pelabuhan Sodong dan menumpang kapak Pengayoman II, lalu dilanjutkan menggunakan armada bus dari sekitar 15 menit lalu tiba di Pantai Permisan.

22. Pantai Selokpipa

Pantai Selokpipa, Via Instagram/hendrikm28

Berada dilokasi sebelah timur Pulau Nusakambangan. Pantai Selokpipa memiliki keindahan terumbu karang indah dari pesisir selatan Samudera Hindia ditambah dengan air laut yang jernih. Untuk bisa datang ke pantai di Nusakambangan satu ini, kamu perlu mempersiapkan mental yang sangat kuat karena rutenya begitu ekstream. Namun, seperti yang telah disinggung sebelumnya, kelelahanmu akan terbayar tuntas dengan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Selokpipa.

33. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat, Via Instagram/novitameli21

Pantai cantik di Pulau Nuskambangan yaitu Pantai Kalipat. Keunggulan Pantai ini adalah memiliki pasir putih dan ombaknya yang tinggi. Nah, lantaran ombak yang tinggi dan banyaknya karang, para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang dan perlu untuk berhati-hati. Namun panoramanya begitu cantik, kamu nggak akan rugi datang ke pantai di Nusakambangan keren ini.

44. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih, Via Instagram/septiya_

Pantai Pasir Putih ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan gradasi warna laut yang cantik. Lokasinya tersembunyi di balik pepohonan yang membuat tempatnya masih asri meskipun datang saat terik. Buat yang ingin berenang, berhati-hatilah karena karangnya cukup tajam. Lokasinya berada di Pulau Nusakambangan Timur.

55. Pantai Rancababakan

Pantai Rancababakan, Via Instagram/ardilaz_act

Pantai dengan keindahan eksotis lainnya di Nusakambangan adalah Pantai Rancababakan. Pesonannya adalah pasir putihnya yang masih perawan. Saat menuju ke lokasi, kamu akan disuguhi panoraman hutan mangrove yang rimbun yang jadi habitat ikan, udang, dan hewan-hewan. Lokasi pantainya agak menjorok ombaknya tidak terlalu besar dipadu dengan airnya yang bening.

Pulau Nusakambangan tidak seseram yang kalian kira, ternyata banyaknya keindahan yang tersembunyi dibalik Pulau Nusakambangan. Buat kalian semua jangan ragu untuk berlibur ke Pulau Nusakambanganobjek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here