NEV.ID – Jalan-jalan ke Pasar Baru memang sangat banyak bangunan unik seperti Masjid Lautze ini. Bangunan masjid ini berwarna merah dan kuning yang begitu mencolok antara deretan ruko. Bangunan ini berlantai empat dan sangat mirip dengan ornamen-ornamen khas Tionghoa serta ada sejumlah lampion.

Tidak ada yang meyangka bahwa itu adalah sebuah masjid yang didirikan oleh warga keturunan Tionghoa, Masjid ini sangat berbeda dengan masjid kebanyakan, namun ada penanda bahwa itu adalah masjid yaitu ada papan besar yang bertuliskan ‘Yayasan Haji Korum Oei’ dan papan kecil bertuliskan ‘Masjid Lautze‘.

Foto Masjid Lautze

Lantai pertama usai lewati pintu masjid ini, kamu akan menemui mimbar yang menjadi satu dengan ruang utama. Dengan dindingnya yang dihiasi kaligrafi bahasa Arab dan bahasa China tertata rapih.

Lantai kedua tata letaknya mirip dengan yang pertama, berbeda dengan lantai ketiga yang dibuat khusus seperti kantor untuk mengurus segala bidang administrasi.

Setiap hari Jumat, Masjid ini dipenuhi para mualaf keturunan Tionghoa dan warga biasa, seusai salat jumat biasanya mereka saling bertukar pikiran dan berbagi ilmu pengetahuan.

Meski masjid ini berada di kawasan mayoritas china, meski begitu tetap diterima baik oleh masyarakat sejak didirikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here