NEV.idMobil saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat umum, hampir setiap masyarakat di Indonesia minimal memiliki 1 unit mobil dirumahnya.

Kendaraan yang kita gunakan untuk beraktivitas setiap harinya untuk bekerja, sering kali tidak memperhatikan kebersihan mobil tersebut sehingga menyebabkan kerusakan.

Selain memperhatikan faktor mesin, juga perlu memperhatikan kebersihan body mobil. Terutama, ketika bodi mobil kotor dan perlu dibersihkan. Dan ketika akhir pekan ada waktu luang kemudian ingin mencuci mobil sendiri, lakukanlah! Tapi, harus menggunakan cara yang tepat.

Berikut adalah mekanisme dalam hal cuci mobil yang aman untuk menjaga cat mobil tetap kinclong dan awet.

1. Gunakan Alat Khusus

Gunakan peralatan khusus misalnya menggunakan sarung tangan pada saat mencuci mobil, spons berbusa untuk membersihkan kotoran dan kanebo untuk mengeringkan mobil saat selasai di cuci.

2. Sebelum Mencuci, Bersihkan Seluruh Area Mobil

Utamakan membersihkan bagian bawah mobil terlebih dahulu, seperti Kolong, Roda dan Velg mobil dibandingkan membersihkan body mobil terdahulu. Yang perlu diperhatikan ketika mencuci bagian bawah mobil, hindari memercikkan air ke bodi mobil. Karena, percikan air bisa menyebabkan tumbuhnya bintik-bintik air atau biasa disebut jamur.

3. Menyemprot Air Dengan Benar 

Ketika mencuci mobil menggunakan tekanan air yang tinggi miringkan semprotan air ke arah samping kanan atau kiri. dan jangan melakukan secara horizontal (atau menyemprot langsung ke arah mobil tanpa dimiringkan). Lebih baik, arahkan dari atas ke bawah. Metode ini dimaksudkan untuk membuat kotoran langsung jatuh.

4. Gunakan Shampo Khusus dengan pHBalance

Setelah mobil basah keseluruhan gunakan shampo yang tepat untuk mencuci seluruh bodi mobil. Beberapa produk shampo memberikan bau yang harum atau deterjen dengan campuran khusus.

Perlu diperhatikan, ketika ada kotoran atau jamur yang tidak hilang dari bodi mobil setelah menggunakan shampo, jangan buru-buru menggosoknya terlalu keras. Karena, bisa menghilangkan lapisan varnish cat mobil.

5. Menghilangkan Kotoran Yang Bandel Dengan Trik Berikut

Kotoran yang sulit dibersihkan bisa disebabkan oleh bahan aspal yang menempel pada bodi mobil atau serangga yang menempel pada bagian-bagian mobil. Maka, membutuhkan sedikit tahapan khusus ketika mencuci mobil. Yaitu dengan menggunakan claying. Dengan menggunakan claying, semua noda yang terlihat atau nggak akan hilang.

6. Jangan Menggunakan Sembarang Lap

Mengeringkan mobil sebaiknya menggunakan handuk berbulu, Kanebo sebaiknya jangan digunakan, karena bisa menyebabkan goresan. Karena, kanebo terbuat dari material kasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here