NEV.ID – Ternyata jika salah memasang ban dengan arah rotasi berbeda dapat menyebabkan bahaya di jalan. Setiap perusahaan ban pasti akan memberikan tanda panah sebagai penanda arah rotasi ban.

Penyebab memasang ban yang arah rotasinya salah dapat menimbulkan beberapa efek, berikut efeknya:

1Sebabkan Aquaplanning Lebih Besar

Arah ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan ban gampang mengalami aquaplanning, aquaplanning yakni bisa menghilangkan daya cengkram pada ban yang dapat menyebabkan kecelakaan itu terjadi.

2Tidak lincah saat keadaan kering

Efek jika memasang ban yang terbalik yaitu ban menjadi tidak lincah seperti biasanya, jadi jangan terkejut jika terasa berbeda saat digunakan.

3Muncul suara dari ban

Pattern ban berfungsi untuk mengurangi suara yang muncul saat bergesekan dengan aspal jalan. Namun dapat juga memunculkan bunyi yang berisik jika salah memasang arah rotasi ban.

4Ban lebih cepat botak/aus

Efek yang terakhir ialah ban lebih cepat botak/aus, hal ini disebabkan karena pemasangan ban terbalik yang tidak sesuai dengan arah ban tersebut.

Kalian semua tidak mau kan bannya cepet botak gara-gara salah arah, jadi sebelum memasang ban, lihatlah arah ban yang benar dan tepat agar ban senantiasa awet dan tidak gampang merusak kendaraan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here