NEV.idRantai motor merupakan bagian terpenting untuk menyalurkan tenaga dari crankshaft (poros engkol) ke roda belakang.

Agar rantai tidak cepat kendor dan tidak kering serta menimbulkan suara berisik, rantai dan gear perlu dilumasin oli rantai minimal seminggu sekali.

Pelumas yang direkomendasi untuk gear danĀ rantai biasanya adalah chain lube.dan banyak jenis merk nya. tetapi kadang ada juga bikers yang melumasi rantai dengan oli mesin.kata nya sih lebih bagus gitu.

Adapun yang perlu diperhatikan untuk merawat rantai sepeda motor, berikut beberapa cara merawat rantai motor Anda.

1.Gunakan pelumas khusus Rantai Motor

Hal ini agar rantai tetap awet, Pelumas rantai motor ini berfungsi untuk melumasi rantai motormu sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan rantai motormu.

2. Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor

Menggunakan oli bekas cenderung membuat rantai menjadi kotor, walaupun dibilang lebih praktis dan hemat tapi kenyataannya membuat rantai motor tidak awet.

3. Bersihkan rantai motor secara rutin

Ini sangat penting untuk membuat rantai awet, seringnya Anda pakai pada cuaca hujan maupun panas pasti menyebabkan rantai berdebu dan kotor.

4. Gunakan rantai dan gear asli

Dari pada menggunakan rantai dan gear palsu, lebih baik menggunakan produk asli sesuai pabrik, walau menguras kocek, tetapi tidak perlu khawatir karena tidak cepat rusak dan putus.

5. Periksa dan lakukan pengecekan secara rutin.

Jangan lupa selalu mengecek kondisi rantai motor Anda, siapa tau kendor atau kekencengan dan pastikan diperiksa oleh ahlinya. Jika hal ini rajin diperiksa dijamin rantai Anda tidak akan putus saat berkendara.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kita harus memberi minyak pada rantai motor kita, selain untuk kesalamatan Anda berkendara juga dapat mengurangi kecelakaan pada pengguna jalan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here