NEV.id – Tentunya buat kalian sebagai pencinta bus tidak asing mendengar kata Laksana. Sebuah karoseri dari Ungaran Jawa tengah ini sudah sangat terkenal di dunia transportasi Indonesia bahkan hingga negara diluar Indonesia.

Yuk mengenali awal mulanya karoseri Laksana berdiri, berikut sejarah singkatnya.

Karoseri Laksana di dirikan pada tahun 1967, karoseri ini awalnya hanya sebuah toko mesin di Semarang. Toko yang awalnya hanya fokus pada bidang mesin otomotif ini kemudian pada tahun 1970, toko ini berpindah ketempat yang baru dan lebih luas.

kemudian pada tahun 1977 Laksana merilis produk karoseri pertama mereka, Mitsubishi T – 120 minivan.

Colt t120 ss minivan

Seiring berkembang nya waktu dan semakin majunya industri manufakturing di dunia, pada tahun 1978 divisi ini dipindahkan ke Ungaran Jawa Tengah. karoseri pertama berdiri dilahan seluas 5.000 m2, untuk produksi bus serta kendaraan komersial lainnya diletakan disatu lokasi.

Dan saat ini perkembangannya mencapai 70000 m2 dan terus bertambah luas seiring dengan kemajuan bisnis karoseri Laksana.

Seiring berjalannya waktu dan karoseri laksana terus berkembang pesat untuk menjadi yang terbesar di Indonesia dan untuk saat ini kapasitas produksinya bisa mencapai 1.000 bus per-tahun.

Untuk saat ini kompetensi Laksana adalah bus menengah dan besar meliputi bus antar kota, bus kota, dan bus tujuan khusus.

Dan yang terakhir Laksana mengekspor bus ke wilayah Asia Pasifik sejak tahun 2009, seperti Fiji, Bangladesh dan negara lain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here