NEV.id – INFO GRAFIK, China tengah dihebohkan dengan kemunculan virus baru yang cukup misterius

Virus corona (coronavirus) jenis baru teridentifikasi merebak di Kota Wuhan, China.

Jenis virus ini menyebabkan wabah pneumonia di kota tersebut dan menyebar hingga ke beberapa negara, salah satunya Jepang.

Virus yang mengganggu pernapasan itu dinamai novel coronavirus atau 2019-nCoV.

Kabar terakhir tentang virus ini, dipastikan dapat menular dari manusia ke manusia.

Diberitakan NEV yang dilansir Kompas.com (21/1/2020), setidaknya 4 orang meninggal dunia di China akibat virus tersebut.

Bahkan sedikitnya 15 petugas medis di Wujan juga terinfeksi virus tersebut. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), saat ini ada sebanyak 218 pasien yang terjangkit virus ini.

Ada pula dua orang Thailand, satu orang di Jepang, dan satu orang di Korea Selatan yang dilaporkan tertular.

Selengkapnya tentang virus corona dapat disimak di infografik berikut ini!

Infografik: Mengenal Virus Corona Wuhan (KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)

VIRUS CORONA

Sampel virus yang telah diselidiki adalah virus corona. Corona virus sendiri saat ini hanya enam yang diketahui menginfeksi orang, namun dengan kasus baru ini kemungkinan akan menjadi tujuh.

Dalam dampak yang ringan, corona virus menyebabkan pilek tapi yang parah bisa menyebabkan Sindrom Pernafasan Akut (SARS).

Analis pada kode genetik virus baru ini menunjukkan virus yang tengah merebak lebih mirip dengan SARS dibanding virus corona lain.

SARS sendiri telah menewaskan 774 dari 8.098 orang pada wabah yang merebak tahun 2002. Virus ini menyebabkan pneumonia pada beberapa pasien dan berakibat fatal pada dua diantaranya.

Direktur Badan Amal Penelitian Medis Wellcome, Dr. Jeremy Ferrar mengatakan, terdapat tingkat penularan virus ini dari orang ke orang.

“Kami mulai mendengar lebih banyak kasus di China dan negara-negara lain dan kemungkinan, seperti yang ditunjukkan oleh pemodelan ini, bahwa akan ada lebih banyak kasus, di sejumlah negara,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here