NEV.ID – Di media sosial viral cerita soal pengalaman netizen memakai obat sakit kepala dalam masakan. Tujuannya untuk membuat daging jadi lebih cepat empuk.

“Ada ga sih disini yang rebus daging pakai obat sakit kepala biar cepat empuk dagingnya?” tulis akun Twitter @FOOD*** yang turut diperbincangkan.

“Itu ada, di lingkunganku terjadi dan dipercaya walau keluargaku ga melakukannya,” komentar pengguna lain, Ternyata praktik memakai obat sakit kepala untuk masak daging tampaknya mebuat kekhawatiran di luar negeri, media dari Afrika Barat melaporkan bahwa warga sana memakai obat parasetamol tersebut dengan alasan yang sama.

Dikutip dari Leadership, obat parasetamol yang digunakan oleh ibu rumah tangga hingga restoran demi memangkas biaya masak karena daging jadi cepat matang.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria (NAFDAC) sampai mengeluarkan peringatan. NAFDAC menyebut parasetamol bukan bahan tambahan pangan dan berisiko menimbulkan masalah kesehatan bila masyarakat nekat mengonsumsi masakan.

Ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen memberikan komentar sangat tidak rasional menggunakan obat sakit kepala untuk mengempukkan daging, ia mengatakan jika dalam obat sakit kepala ada banyak bahan kimia yang bisa masuk ke dalam daging.

Ada beberapa produk obat parasetamol di pasaran yang mengandung bahan lain seperti dextromethorphan yang biasanya dipakai untuk meringankan gejala flu.

Mengutip dari Everyday Health, efek samping dextromethorphan adalah muntah-muntah, mengantuk, perasaan mual, sembelit, diare, dan gatal-gatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here