NEV.ID – Sebelum ada antiseptik untuk mengobati luka ternyata manusia sudah punya cara tradisional untuk mengobati luka. Yaitu mengoleskan air liur pada luka gores, karena sebagian banyak orang lebih memilih mengobatinya menggunakan air liur ketimbang dengan antiseptik.

Tetapi mengoleskan air liur pada luka sebenarnya sudah lebih dulu dilakukan oleh hewan pengerat seperti anjing.

Ilustrasi Air Liur

Meski terbilang simpel dan cepat sih emang betul ya, tapi kandungan yang ada pada air liur itu memang dapat menyembuhkan luka yang  terkena goresan, dan ternyata mengoleskan air liur pada luka lebih cepat sembuh dan lebih bersih atau tidak ada sel-sel yang bengkak dan luka bisa tertutup kembali oleh kulit baru selama 15 hari.

Air liur juga mengandung faktor jaringan turunan protein yang berperan dalam inisiasi trombolin. Yaitu protein yang dapat membantu proses membekukan kulit.

Tetapi, tidak selalu air liur bisa menyembuhkan luka, air liur juga dapat menyebabkan infeksi, karena dalam air liur terdapat patogen (bakteri, virus dan jamur) yang bisa berpindah kalau dilakukannya secara asal-aslaan, karena setiap kulit orang juga punya ketahanan yang berbeda-beda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here