NEV.id Banyak orang yang memilih untuk naik lift dibanding naik turun tangga, padahal ada beberapa manfaat bagi kesehatan saat naik dan turun tangga. Manfaat naik turun tangga bagi kesehatan bisa sebagai pengganti olahraga. Membiasakan diri menggunakan akses tangga di berbagai fasilitas seperti, ditempat umum, dikantor dan jembatan penyebrangan.

Dilansir dari Liputan6.com berikut manfaat naik turun tangga bagi kesehatan dari berbagai sumber:

1Memelihara kesehatan otak dan mental

Manfaat naik turun tangga adalah untuk mengoptimalkan kesehatan otak serta kesehatan mental. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering naik turun tangga akan mengalami penuaan otak lebih lambat serta melepaskan hormon endorfin yang memberi perasaan tenang dan senang. Sehingga orang yang sering naik turun tangga akan mengalami penuaan otak lebih lanmbat dan membuat anda lebih fokus dan lebih konsentrasi dalam bekerja.

2Menurunkan berat badan

Setiap satu langkah saat turun maupun naik tangga sama-sama dapat membakar kalori. para ahli mencatat saat naik tangga dapat menghabiskan 8 hingga 9 kali lebih banyak kalori dibandingkan saat duduk dan 7 kali lebih banyak kalori saat naik lift. Manfaat naik turun tangga untuk kesehatan bisa menurunkan berat badan anda. Hal ini tentunya sangat bagus untuk anda yang mempunyai masalah pada berat badan anda.

3Menguatkan otot dan tulangĀ 

Manfaat lainnya dari naik turun tangga adalah menjadikan otot dan tulang anda lebih kuat dan sehat. Saat anda naik turun tangga, otot dan tulang diseluruh tubuh akan bergerak aktif. Mulai dari otot kaki, paha, lengan hingga ke punggung. Sehingga bisa mencegah osteoporosis.

4Menurunkan resiko stroke

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang sering melakukan naik turun tangga 3 sampai 5 kali dalam seminggu memiliki resiko terkena stroke 30% lebih rendah dibanding orang yang jarang berolahraga.

5Menyehatkan paru-paru dan jantung

Manfaat naik turun tangga selanjutnya ialah menyehatkan jantung dan paru-paru anda. Sejumlah studi telah membuktikan bahwa kebiasaan pada saat naik turun tangga dapat menyehatkan jantung serta dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Sehingga aliran darah dan oksigen keseluruh tubuh menjadi lancar.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here